Media STAR (SAC, 3D dan AR)
2 MULTIMEDIA “STAR” (SMART ALICATIONS CREATOR DAN 3D DAN AR) YES DIMASA PANDEMI COVID, PTM TERBATAS, DAN MENYONGSONG KURIKULUM MERDEKA
LATAR BELAKANG
Sebelum istilah Blended Learning banyak dikenal di
masyrakat. Istilah E
– learning sudah terlebih dahulu booming
di dunia pendidikan. E – Learning adalah
metode pembelajaran jarak jauh
berbasis digital dengan memanfaatkan
jaringan internet serta web server sebagai infrastruktur utama.
Meskipun E – learning sudah sedemikian berkembang pesat, namun metode
pembelajaran langsung secara tatap
muka masih dibutuhkan oleh siswa. Siswa dengan guru, siswa dengan siswa tetap
harus memiliki interaksi satu sama
lain. Dengan adanya faktor tersebut
ditemukannya metode Blended Learning.
Metode Blended Learning
adalah metode pembelajaran campuran
yang menggabungkan pembelajaran langsung (Synchronous) dan pembelajaran mandiri (Ansynchronous).
Untuk
mendukung metode pembelajaran blended learning, pastinya secara tidak langsung dibutuhkan suatu media pembelajaran yang
selaras dengan perkembangan jaman, yang
berbau IT. Kita sebagai
guru juga dituntut harus memiliki
IT yang lebih.
Agar anak didik
kita memiliki keterampilan
IT, dan tidak ketinggalan
jaman, sehingga dapat berkompetisi
dengan negara – negara lain.
Dengan alasan diatas, maka media yang cocok untuk mengiringi metode Blended Learning adalah 2 multimedia pembelajaran SAC atau Smart Aplication Creator, 3D dan AR yang dinamakan “STAR”. Diharapkan anak didik kita dapat membantu siswa mencapai target hasil pembelajaran yang telah ditetapkan secara maksimal, dan mengatasi loss learning pada pembelajaran tatap muka terbatas (PTMT).
TINJAUAN PUSTAKA
B
Aplikasi SAC
adalah tool perangkat
lunak yang dapat
digunakan untuk pembuatan
mobile apps multimedia
dengan mudah dan
cepat yang bisa dijalankan
dibanyak sistem dan device,
dengan karakteristik tanpa
coding. Dengan cara
kerjanya seperti mikrosoft
power point, yang tidak bisa mengedit
komponen media langsung
di worksheet atau panel
kerja. Aset yang diperlukan
pembuatan multi media pembelajaran interaktif dari aplikasi SAC antara
lain : teks,
audio (suara), image
(gambar), dan vidio.
Kelebihan dan
kerugian multi media pembelajaran
interaktif pada aplikasi SAC
adalah sebagai berikut
:
Kelebihannya :
1. Siswa tidak
bosan dan jenuh,
karena pembelajarannya interaktif, yang dapat menggiring siswa
tanpa sadar bermain
sambil belajar.
2. Bisa dijalankan
tanpa koneksi, karena
dapat dikirim melalui
whats up. Kemudian
siswa dapat menginstalnya
digawai masing - masing.
3. Mudah dalam
menggunakannya.
4. Membuat media
pembelajaran berbasis android
tanpa coding. Karena
hanya perlu memasukkan
materi dan gambar,
dan membuat tombol
navigasinya.
5. Bisa dikreasikan
leluasa sesuai dengan
kebutuhan.
6. Ukuran file
ringan dan tidak memakan
banyak RAM.
7. Fitur yang
tersedia cukup dan
mudah untuk digunakan.
8. Tampilan aplikasinya
simpel dan nyaman.
9. Bisa disimpan
dengan hasil untuk
perangkat Smartphone Android dan IOS; Desktop/PC Window dan
semua Web Browser HTML5.
Kerugian :
1. Bersifat trial
hanya digunakan 30
hari.
2. Fitur yang
tersedia terbatas
3. Bahasa inggris
4. Hanya bisa
merancang dan membangun
aplikasi / media
pembelajaran sederhana.
Langkah yang
diperlukan untuk merancang
multi media pembelajaran interaktif
adalah sebagai berikut:
1. Menentukan tujuan
pembelajaran dan kompetensi
dasar
2. Membuat peta konsep
3. Membuat flowchart
4. Mengumpulkan aset
media
Cara mendesign
multi media pembelajaran interaktif
dari aplikasi SAC
adalah sebagai berikut
:
1. Download
aplikasi SAC
2. Buka aplikasi
SAC
3. Atur jenis device
yang dibuat apakah
untuk I pad, iphone, android.
Apakah konten media
yang dibuat horizontal,
vertikal atau mixed
keduanya.
4. Kenali tampilan
workspase area
5. Menambahkan section
dengan klick kanan
pada area navigate
lalu pilih new section
6. Menambahkan page dengan klick kanan pada
section navigate lalu
new page
7. Mengganti background
image. Klick kanan pada
canvas area lalu
pilih insert background.
Cari background image
mana yang akan
dipergunakan lalu klick
open.
8. Menyimpan proyek. Klick
icon kanan SAC terdapat
dipojok kiri atas
lalu pilih save, tentukan direktori
penyimpanan. Berikan nama
file nya lalu save.
9. Memasukkan teks. Tekan menu insert lalu teks. Tentukan jenis teks yang akan dimasukkan apakah horizontal teks atau vertikal, tentukan jenis huruf dan ukurannya kemudian atur proporsi dan posisinya.
10. Masukkan gambar. Tekan insert lalu pilih image cari gambar yang akan dipergunakan dan klick open dan atur proporsi dan posisinya.
11. Masukkan button. Pergi ke menu button, pilih gambar menu yang sesuai dengan tombol navigasi.
12. Memasukkan back ground musik. Pergi ke menu page, klick bacground musik pilih musik yang akan digunakan sebagai back ground musik lalu klick.
13.Memasukkan audio, pergi ke menu insert lalu klick audio lalu klick open.
14. Memasukkan local vidio. Pergi kemenu insert, klick vidio lalu pilih lokal vidio (pastikan format MP4). Tentukan file vidio yang akan dimasukkan lalu klick open.
15. Memasukkan local vidio. Insert ke menu insert, klick vidio lalu pilih lokal vidio (pastikan format MP4) tentukan file vidio yang akan dimasukkan lalu klick open.
16. Memasukkan vidio youtube. Cari vidio youtube yang akan dipergunakan, saling link addressnya. Kemudian pergi ke menu insertnya. Masukkan url address video YouTube. Lalu klik Submit.
17. Memanimasikan objek. Pergi ke menu animation pilih jenis animasinya. Atur effectnya klick add, atur dan sesuaikan pengaturan animasi pada menu properti.
18. Membuat hotspot. Menu insert, klick hotspot atur proporsi dan posisinya.
19. Menginteraksikan Object Berpindah. PageSeleksi object yang akan diinteraksikan. Kemudian pilih pilih fitur Touch pada menu Interaction. Lalu pilih fitur touch pada menu interaction. Pilih objeck yang diseleksi. Pilih switch page. Double click page atau section yang akan dituju. Kemudian klik Submit. Menyeleksi hotspot.
20. Menginteraksikan Object Counter Nilai Buat Hotspot untuk jawaban yang benar. Lalu pilih fitur Global Counter pada menu Insert. Atur posisi counter. Pilih increase counter. Masukkan jumlah nilai yang dikehendaki. Lalu klik Submit.
21. Buid Up Project Menjadi File Html5
Langkah terakhir adalah build up menjadi file Htm5. Sebelum di build up, pastikan semuanya sudah fixed. Baik itu kontennya, teks, image, audio, video, animasi, maupun interaksinya. Klik ikon Smart Up Creator di pojok kiri atas, lalu pilih Output. Pilih HTML Folder pada menu HTML 5. Kemudian klik Submit. Selanjutnya tentukan direktori penyimpanan file. Ketik nama file. Lalu klik Save. Proses build up sedang berlangsung. Tunggu beberapa saat hingga proses selesai.
Cara membuat 3D dan AR adalah sebagai berikut :
- . Daftar akun di esembler edu
- Buka kelas edu
- Buat proyek edu
Jika
melalui android :
1.
Download
aplikasi asemblr edu
2.
Daftar
akun di asemblr edu
3.
Buka
kelas edu
4. Buat proyek edu
1. KESIMPULAN
Evaluasi implementasi pembelajaran tatap muka terbatas atau PTMT dalam menggunakan 2 multimedia pembelajaran interaktif melalui diagosis dari respon pertanyaan mengenai ketertarikan siswa mengenai 2 multimedia pembelajaran interaktif melalui google form dan hasil nilai yang diperoleh dari soal kuis di google form dan quiziz, serta hasil nilai yang diperoleh dari pembelajaran dengan menggunakan media tersebut, ternyata didapat kesimpulan bahwa “Penggunaan 2 Multimedia Pembelajaran Interaktif ini sangat mendukung dan cocok digunakan pada masa pandemi covid 19 dan PTM Terbatas”.
2. TINDAK LANJUT
Setelah melihat hasil evaluasi diatas, tindak lanjut saya kedepannya tetap menggunakan 2 multi media pembelajaran interaktif “STAR” dan berupaya lebih berinovasi, sehingga siswa kelas 3 yang saya ajar di UPT SDN 14 Gresik, hasil belajarnya meningkat baik dimasa PTM Terbatas, sehingga loss learning dapat diatasi. Kedepannya media tersebut dapat menunjang kurikulum merdeka. Multi media ini juga dapat digunakan untuk siswa kelas 1,2,4,5, dan 6 dengan metode pembelajaran blendeed learning baik what up grup, zoom meet, google meet, dan google classroom.
DAFTAR PUSTAKA
https://sregepsinau.com/cara-membuat-bahan-ajar-3d-dan-ar-menggunakan-hp-di-aplikasi-assemblr-edu/
Cara-membuat-bahan-akun-assemblr-edu-oleh
Helen S.Pd/PPT-GEROMBOLAN.pptx/
https://STUDIO.ASSEMBLRWORLD.COM-Anyspatma/
Pembelajaran Multimedia Pembelajaran interaktif.pptx/Pembatik
level3/kreasi/Pusdatin Kemendikbud/2021
LAMPIRAN
Foto Pembelajaran Saat Daring Dengan Menggunakan Aplikasi :Foto - Foto
Pertanyaan Quisioner : Pertanyaan Quisioner Ketertarikan
Hasil Quisioner Ketertarikan Siswa : Quisioner Ketertarikan Siswa
Tabel Nilai Quiz : Tabel Nilai Quiz
Contoh RPP : RPP
Link Vidio : Vidio
Komentar
Posting Komentar